KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) AGRIBINIS UNISMA



In House Training KBK
9-13 Agustus 2012

KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK)
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS JURUSAN SOSIAL EKONOMI FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS ISLAM MALANG TAHUN 2012

A.     VISI PROGRAM STUDI
Menghasilkan sumberdaya Agribisnis yang professional, mandiri, mampu bersaing, bekerjasama, beriman dan bertaqwa berlandaskan ajaran Islam Ahlussunnah Wal-Jamaah.

B.     MISI PROGRAM STUDI
1.    Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dibidang agribisnis dan berjiwa kewirausahaan.
2.    Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berakhlaqul karimah, mandiri, mampu bersaing dan bekerjasama.
3.    Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan sumberdaya yang kompeten dibidang agribisnis dan kewirausahaan.

C.     TUJUAN PROGRAM STUDI
1.    Menghasilkan lulusan yang profesional dibidang agribisnis dan berjiwa kewirausahaan.
2.    Menghasilkan lulusan yang berakhlaqul karimah, mandiri, mampu bersaing dan bekerjasama.
3.    Menghasilkan sumberdaya yang kompeten dibidang agribisnis dan kewirausahaan.
4.    Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan sumberdaya yang kompeten dibidang agribisnis dan kewirausahaan.

D.     SASARAN PROGRAM STUDI
Untuk mencapai visi misi dan tujuan, maka disusun sasaran dan strategi sebagai berikut:
A.     Sasaran dan strategi Aspek Pendidikan:
1.      Meningkatkan mutu akademik sesuai dengan baku mutu akademik nasional.
a)      Tingkat kelulusan tepat waktu > 40 %
b)      Persentase lulusan dengan IPK diatas 3.00 sebesar > 25 %
c)      Persentase kelulusan tepat waktu sebesar> 30 %
2.      Meningkatkan Kompetensi Sumberdaya Manusia, baik tenaga akademik maupun tenaga pendukung.
a)      Persentase dosen tetap bergelar S-2 sebesar 100 %
b)      Persentase dosen tetap bergelar S-3 sebesar 30 %
c)      Meningkatkan jumlah dosen tetap yang bersertifikasi menjadi 100 %
d)      Meningkatkan Tenaga pendukung yang bersertifikat, perpustakaan atau laboran sebesar 50 %.
3.      Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, utamanya bidang pendidikan/pengajaran.
a)      Peningkatan komunikasi antar civitas akademika
b)      Peningkatan pelibatan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat
c)      Peningkatan jumlah kunjungan mahasiswa ke perpustakaan sebesar > 52 orang/bulan.
d)      Peningkatan jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan lomba ilmiah nasional sebesar 20 %
4.      Meningkatkan Kualitas sarana dan prasarana
a)      Peningkatan penggunaan fasilitas proses pembelajaran secara multimedia
b)      Peningkatan berbagai informasi akademik yang mampu diakses secara elektronik.
B.     Sasaran dan Strategi Aspek Penelitian:
1.      Meningkatkan jumlah usul penelitian dosen pada berbagai program dana penelitian
2.      Meningkatkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen
3.      Meningkatkan Kerjasama dengan berbagai lembaga
a)      Program penelitian kemitraan
4.      Meningkatkan Jumlah Kualitas publikasi nasional
a)      Program peningkatan artikel dalam Jurnal Nasional
b)      Program seminar Nasional
C.     Sasaran dan strategi Aspek Pengabdian kepada Masyarakat:
1.      Meningkatkan usul pengabdian dosen pada berbagai program dana pengabdian
2.      Meningkatkan peran pengabdian dosen dan mahsiswa kepada masyarakat terutama pada lingkungan pondok pesantren,  ibu-ibu muslimat dan nahdliyin

Sasaran PS Agribisnis UNISMA telah relevan dengan Misi PS Agribisnis, sasaran merupakan penjabaran mendetail dari misi dan tujuan tentang pokok-pokok yang ingin dicapai. Dalam mewujudkan sasaran dari PS Agribisnis UNISMA ini maka disusunlah rencana strategik baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

1.      PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
a.    Manajer Agribisnis
b.    Pengusaha Agribisnis
c.    Fasilitator Pengembangan Masyarakat Agribisnis
d.    Konsultan/Pengkaji Agribisnis

2.      KOMPETENSI LULUSAN
a.    Kompetensi Utama
1.    Mampu memilih, mengoperasikan, mengendalikan dan mengembangkan unit agribisnis yang berkelanjutan (1,2)
2.    Mampu menyusun, rencana stratejik, rencana bisnis, dan mengevaluasi program-program agribisnis (1,2)
3.    Mampu mengembangkan keahlian, keinovatifan, kewirausahaan, dan jejaring kemitraan agribisnis (1,2,3)
4.    Mampu bekerjasama dalam Tim yang multidisiplin (1,2)
5.    Mampu mengimplementasikan etika bisnis dan pengelolaan agribisnis yang berkelanjutan (1,2)
6.    Mampu bernegosiasi dan mengkomunikasikan ide atau pemikiran tentang agribisnis yang berkelanjutan dan pengembangannya (1,2,3)
7.    Mampu memfasilitasi pengembangan kapasitas  (individu, entitas, sistem) pelaku utama dan pemangku kepentingan agribisnis yang  berkelanjutan (1.2.3)
8.    Mampu melakukan studi kelayakan dan mengevaluasi unit agribisnis yang berkelanjutan (1,2,3,4)
9.    Mampu merumuskan, menggunakan, dan mengembangkan  alat-alat (instrumen, tools) manajemen agribisnis (1,2,3,4)
10. Mampu merumuskan kebijakan pengembangan agribisnis yang berkelanjutan (5)

b.    Kompetensi Pendukung
1.    Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan system ekonomi syariah pada bidang agibisnis
2.    Mampu merencanakan, mengelola agroindustri
3.    Mampu menggunakan sistem informasi manajemen dalam bidang agribisnis

c.    Kompetensi Lainnya
Dipilih salah satu:
1.    Mampu mengimplementasikan ajaran Islam  dalam kehidupan bermasyarakat
2.    Mampu mengembangkan sikap kepemimpinan yang Islami

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPROFESIAN MAHASISWA AGRIBISNIS (DIKMA) 2024, Sabtu 19 April dan Sabtu-Minggu 26-27 April 2025

KREATIVITAS DAN HIBURAN BERSATU DI AGRIFEST 2024